syarat pilotThis is a featured page

SYARAT PILOT UMUM YANG BIASA DITERAPKAN DI INDONESIA

1.) Untuk flying school seperti STPI Curug,Penerbangan Militer biasanya hanya menerima lulusan SMU, Tapi mulai tahun 2002 STPI curug menerima lulusan SMK,MTS,dan tingkatannya
sedangkan untuk flying school swasta dan beasiswa pilot biasanya menerima lulusan setingkat SMU (SMK,MTS)
2.) biasanya akan menargetkan minim panjang kaki dari pangkal paha 100cm
2.) harus lulus tes kesehatan meliputi jantung,mata dll.
3.) Harus lulus test bahasa inggris yang diadakan flying school tersebut.(bahasa inggris sangat menentukan)
4.) Pengetahuan umum Penerbangan.
5.) Cepat dalam berkalkulasi matematik dan fisika.
6.) Biasanya bila sudah lulus semua persyaratan diatas,calon siswa akan diajak terbang oleh instruktur untuk mengetahui takut tidaknya siswa akan ketinggian dan juga syaraf motorik siswa,serta tanggapnya siswa akan persoalan yang biasa diberikan instruktur kepada calon penerbang.
Test tersebut biasa disebut (altitude test)

APAKAH MADSUD DARI PPL + CPL+ IR + ME + ATPL + VFR

Terima kasih sebelumnya atas pertanyaan dari Gofur Adrian dari SMUN 2 Solo ke email penerbanganbogor@yahoo.com
Redaksi akan menjawab sesuai kemampuan,semoga memuaskan.

Seperti halnya profesi lain, pilot juga mempunyai beberapa tingkatan ijin. Ini terkait dengan kemampuan dan jam terbang pilot bersangkutan. Secara umum lisensi pilot terdiri dari PPL, CPL, ATPL.

PPL (Private Pilot License)
PPL adalah lisensi paling dasar bagi pilot. Pemegang lisensi ini diperkenankan menerbangkan pesawat untuk kepentingan sendiri dan tidak diperbolehkan membawa penumpang dan dibatasi pada pesawat bermesin tunggal. Selain itu pilot yang hanya mempunyai lisensi PPL hanya diperkenankan terbang pada siang hari dan tidak terbang untuk dibayar (non komersial). Di Indonesia PPL mensyaratkan jam terbang sejumlah 60 jam terbang.

CPL (Commercial Pilot License)

Pemegang lisensi CPL diperkenankan menerbangkan pesawat bermesin tunggal, diperkenankan membawa penumpang (berbayar atau tidak) dan diperkenankan untuk penerbangan komersial tanpa kru (sebatas pada penerbangan baliho, penyemprotan kebun, pemadaman api, pesawat sewaan, laporan lalulintas, pemotretan udara bahkan instruktur terbang). Selain itu juga diperkenankan untuk terbang pada malam hari. CPL adalah syarat minimal pilot komersial. Di Indonesia CPL mensyaratkan 200 jam terbang.

ATPL (Airline Transport Pilot License)
ATPL adalah tingkatan tertinggi kemampuan pilot. ATPL disyaratkan untuk pilot yang bekerja di airline dengan penerbangan terjadwal. Pilot pemegang lisensi ini juga diperkenankan menerbangkan pesawat dengan kru (dua kru atau lebih), pesawat dengan penumpang/kargo besar. ATPL mensyaratkan 1500 jam terbang. Selain lisensi, seorang pilot biasanya juga memiliki sertifikat rating untuk menunjukkan kualifikasi tertentu yang dimiliki pilot bersangkutan. Rating ini meliputi ME, IR, dan rating untuk tipe pesawat. Kualifikasi

ME (Multi Engine) kualifikasi lisensi ini diperlukan jika pilot akan menerbangkan pesawat dengan mesin ganda.

IR (Instrument Rating)
kualifikasi diperlukan pada penerbangan malam atau penerbangan ada jalur IFR (Instrument Flight Rule). Jalur IFR adalah jalur penerbangan yang tidak bisa dilakukan dengan navigasi visual (misalnya penerbangan lintas samudra), melainkan dengan bantuan beacon radio di darat. Sedangkan pada penerbangan visual atau dikenal dengan

VFR(Visual Flight Rule)
pilot bisa mengandalkan gunung, danau, sungai, gedung sebagai bantuan navigasinya. Masih ada Type Rating, yaitu kualifikasi khusus untuk menerbangkan jenis pesawat tertentu. Misalnya pilot yang biasa menerbangkan pesawat keluaran airbus (seri A340-200, 300, 500, 600) harus meratifikasi lagi kualifikasinya jika akan menerbangkan pesawat Boeng meski seri 737-200. Jadi menjadi seorang pilot tidak bisa dengan cara yang cepat dan gampang. Kualifikasi dan kemampuan yang tinggi tetap diperlukan.

HAL-HAL YANG BIASA DILAKUKAN CALON PENERBANG BILA INGIN MENJADI PILOT


Untuk menjadi seorang penerbang/pilot tidak segampang seperti yang kita bayangkan,karena kita menempuh banyak license untuk menerbangkan pesawat berpenumpang dan juga harus sesuai type Rating pesawat yang ingin kita kendarai.

Hal yang perlu diperhatikan bila kita sudah memutuskan untuk menjadi seorang pilot adalah :

1.) Kita harus menentukan setelah lulus SMU atau setingkat SMA lainnya SMK dll,sesuaikanlah kemampuan anda terhadap jalan yang anda akan lalui untuk mengambil PPL (Private pilot license) dalam artian sesuai kemampuan cost dan kemampuan kesehatan anda.
Bila anda memang tidak siap dalam cost anda dapat mencoba ikut beasiswa sekolah pilot yang banyak diadakan oleh maskapai penerbangan indonesia atau penerbangan militer,gratis (dengan catatan peserta yang banyak dan test yang ketat)
Bila anda mempunyai cost tapi tidak banyak,anda dapat mencoba mendaftar di STPI Curug dulu PLP curug (dengan catatan test yang ketat dan peserta yang banyak)

2.) Bila anda mempunyai cost anda dapat memilih sekolah penerbang di indonesia atau diluar Negri biasanya dalam test tidak serumit sekolah penerbang yang gratis dan berbiaya kecil.saya menyarankan di luar negri karena bisa sekalian part time,kerja diluar jam sekolah pilot.

3) Siapkanlah fisik anda dan juga pelajari cara cepat berkalkulasi matematik dan fisika,dan yang tidak kalah penting adalah bahasa inggris.

MENGAPA SEORANG LULUSAN SMK TIDAK BISA MENJADI PILOT

Memang pada awal dibukanya sekolah penerbang sipil maupun militer di indonesia,untuk menjadi seorang penerbang adalah harus dari lulusan
SMA A1 (IPA) tanpa alasan yang jelas mengapa harus seperti itu,setelah diselidiki ternyata alasannya adalah sesuai dengan CASR part 61 yang menjelaskan seorang calon penerbang harus dari lulusan its must be a high school graduated tanpa menjelaskan jurusan apa...??? Lalu mengapa ketika dulu seorang lulusan STM-SMT-SMK daftar tidak di terima di indonesia karena alasan bukan lulusan SMA-SMU (IPA).

Karena adanya pengecualian tersebutlah seorang lulusan STM meminta ijin visa sekolah,ke kedutaan Amerika (permitt education visa) untuk bersekolah penerbang di negeri paman sam.betapa kagetnya saya ternyata sekolah penerbang di America tidak sesulit syarat izin bersekolah penerbang di Indonesia,walaupun seorang lulusan STM,bahkan mereka berujar disini malah lebih banyak petani yang belajar terbang dan pelajar mahasiswa yang mengisi liburan musim panas,dan dia berujar pula bahwa yang dimadsud dengan lulusan senior high school pada CASR rmadsudnya adalah hanya lulusan,setingkat lulusan SMA bukan hanya SMA saja....????
Ternyata selain alasan pesawat cessna sekalipun merupakan barang mewah di indo ,dephub pun berujar hanya lulusan SMA IPA yang bisa ber
kalkulasi cepat dalam berhitung matematik dan Fisika.

1) Banyak orang beranggapan bahwa menjadi penerbang tidak boleh memakai kaca mata (minus)...????
sebetulnya seorang yang menyekolahkan atau dalam artian sekolah pilot gratis,sekolah pilot murah tentunya ingin mendapatkan calon2 pilot yang benar2 terbaik,maka tentunya mereka membuat aturan seperti itu.
karena hanya sekolah2 pilot yang gratis yang sering diadakan oleh airline indo dan murah serta penerimaan penerbang/pilot militer yang biasanya mengetatkan dalam penerimaan siswa-taruna didiknya.
karena diluar negri seorang calon siswa pilot boleh memakai kacamata hanya ada batasan (-) minus untuk menjadi seorang calon siswa disana.


INFO SEKOLAH PENERBANG/PILOT BARU DI INDONESIA

sharing info Flying school baru :
1. Merpati Pilot school, home base Juanda Airport Surabaya, Pesawat C-172 sebanyak 5 unit jumlah siswa 20 per-angkatan. info lebih lanjut kantor pusat Merpati kemayoran lantai 11.
2.Aviation Academy, home base Selaparang Airport Lombok. Pesawat Liberty - 22 sebanyak 2 unit, Cirrus 2 unit. info lebih lanjut dateng aja ke Terminal building lantai 2 Halim Airport.
3. Susi flying school , home base Nusa Wiru Airport, Pangandaran, Ciamis Pesawat DA-40 ( single engine ) dan DA -42 ( ME ) info lebih lanjut dateng aja ke Halim Terminal Building Lantai 2


SUSAHKAH UNTUK MENJADI SEORANG PENERBANG (PILOT)...????




Terbang Melayang layang mengawaki pesawat cessna-150 dari ketinggian 7500 kaki bagi sebagian orang adalah
peristiwa menguatirkan,namun bagi para pencinta dirgantara,berada di bawah awan putih berpaut dengan gumpalan
langit biru bebas,merupakan posisi terindah menikmati pemandangan kota dan alam sekitarnya.

Jika sebelumnya hanya mereka yang lulus seleksi sebagai penerbang di pusat pelatihan penerbangan PLP CURUG
sekarang STPI CURUG saja yang boleh mengawaki pesawat ,sekarang pencinta dirgantara pun beroleh kesempatan
serupa di deraya flying school di Halim Perdana Kusumah jakarta timur.

Setelah mendartarkan diri calon siswa akan di tes terbang terlebih dahulu.Dalam artian seorang calon siswa akan di ajak terbang oleh seorang instruktur,untuk menentukan dia berbakat atau tidak dan bisa tidaknya calon siswa mengatasi ketakutan atas ketinggian dan fungsi syaraf motoriknya.jika pada tes pertama gagal calon akan dinyatakan
gugur & itupun klo siswa telah lulus test kesehatan bhs inggris dan bayar uang administrasi.

Deraya flying school sendiri bertujuan menuntun agar siswa menjadi penerbang profesional,walaupun sekolah ini ber
prinsip semua orang bisa menjadi penerbang.
Persyaratan yang mesti di penuhi pun tidak termasuk sulit,selain warga negara indonesia dan berijasah setingkat SMA
dan juga menerima lulusan S1,insinyur dan juga yang pernah bekerja, serta harus lulus tes kesehatan yang meliputi tes
mata,jantung dan bahasa inggris,panjang kaki minimal harus100cm.
Sekali lagi bahasa inggris berperan penting dalam kelulusan test sebagai seorang penerbang,walaupun dalam penyampaian belajar menggunakan bahasa ind tapi semua buku pelajaran menggunakan bahasa inggris dan dalam komunikasi antara pilot dan penjaga menara (tower guard) di seluruh dunia menggunakan bahasa inggris apalagi semua instrument di cockpit pun tidak ada yg menggunakan bahasa indonesia.

Untuk siswa yang sudah lulus DFS menyiapkan pesawat latih jenis cessna 150,cessna 172,cessna 206 dan 402.........
dan sebagai gambaran biaya sekolah disini 1,2 juta per jam total waktu yang dibutuhkan sampai komplit 150 jam jadi total biaya yang keluar 180 jt.
Tetapi bila anda ingin menjadi penerbang dengan cost yang minim atau mungkin tanpa cost anda dapat test di STPI curug,dan test di perusahaan penerbangan yang ingin membiayai untuk sekolah penerbang (pilot) dengan catatan test yang agak sulit...?????
Tapi jangan khawatir banyak perusahaan penerbangan di indonesia yang mengadakan test buat sekolah penerbang
gratis,walaupun banyak yang mendaftar mungkin ribuan orang,tapi mencoba tidak ada salahnya.
Karena kita sudah mempunyai basic tentang pengetahuan penerbangan,dan kebanyakan para peserta test
kalah dalam test bahasa inggris dan pengetahuan dunia penerbangan,Makanya pesan abang,Bahasa inggris itu benar
benar sangat penting buat kalian,dan klo bisa ikuti bimbingan test bahasa inggris di luar jam sekolah.walaupun di sekolah kita bisa 4 jam belajar bahasa inggris.
Tahun Terakhir ini perusahaan Penerbangan yang mengadakan test sekolah penerbang gratis adalah >
Lion Air,Adam air,Garuda indonesia,Sriwijaya air. dan ada kemungkinan 2008 ini giliran perusahaan penerbangan
baru Lorena Air yang akan mengadakan sekolah penerbang gratis,Tunggu aja informasinya oke.



ALFA FLYING SCHOOL

Pernahkah anda bermimpi untuk menerbangkan pesawat terbang ? atau mungkin anda ingin menyegarkan kembali kemampuan terbang anda dan menambah rating anda? Alfa Flying School menawarkan program pelatihan untuk perseorangan. Pelatihan ini dibagi menjadi 3 tahap pelatihan dan pelatihan-pelatihan pendukung : PPL (Private Pilot License) STAGE
CPL (Commercial Pilot License) STAGE
MULTI ENGINE WITH INSTRUMENT RATING
FLIGHT INSTRUCTOR COURSE
Persyaratan :
Kursus ini akan sulit dan menantang, bahkan untuk murid-murid yang telah memiliki latar belakang pendidikan yang memadai dan kondisi fisik yang sesuai.
Pelatihan ini diadakan dengan pendekatan bahwa murid yang diterima mengikuti pelatihan ini telah memenuhi persaratan sebagai berikut
  • Memiliki class-1 Medical Assesment
  • Berusia minimal 18, maksimal 25 tahun, diutamakan lulusan sekolah menengah (SMA-IPA, STM-Penerbangan, STM-Listrik, STM-Mesin, STM-Elektronika)
  • Memperlihatkan kemampuan kalkulasi secara cepat dan akurat
  • Dapat berbahasa inggris
PPL Stage
Setelah menyelsaikan tahap ini, murid-murid akan memiliki kualifikasi dan menerima PPL CPL STAGE
Setelah menyelsaikan tahap ini, murid-murid akan menyelesaikan pendidikan dasar secara spesifik dan lulus dalam ujian untuk menerima lisensi Comercial Pilot License/CPL. Murid-murid akan menyelasikan seluruh fase standar pelatihan penerbangan , dan siap untuk test penerbangan CPL. Licensi dapat dikeluarkan di akhir tahap ini untuk untuk murid yang tidak berkembang ke tahap aplikasi. Pengalaman :
  • 200 jam terbang, termasuk 100 sebagai Pilot-in-command dan 20 jam cross country pilot-in-command
  • 65 jam pelatihan penerbangan untuk kategori pesawat Gryoplane atau helikopter, termasuk tdk kurang dari 35 jam terbang dengan instruktur dan 30 jam terbang solo.
  • Dari 35 jam terbang dual, 5 penerbangan pada malam hari (termasuk 2 jam terbang cross-country malam), dan 20 jam dengan instrument time (referensi hanya untuk flight instruments).
  • Dari 30 jam terbang solo lebih ditekankan kemajuan dalam keterampilan terbang, terbang cross country tidak kurang dari 300 miles terbang dari titik keberangkatan dengan 3 full-stop landing. 30 jam terbang solo meliputi 5 jam di malam hari dan diselesaikan dari 10 circuits.
MULTI ENGINE WITH INSTRUMENT RATING
Menyelsaikan tahap ini, berarti telah memenuhi kualifikasi untuk Commercial Pilot Lisense, Multi Engine rating dan Instrument Rating. FLIGHT INSTRUCTOR COURSE
Kami juga menyediakan pelatihan untuk instruktur penerbangan (Instructor Rating Course) sehingga lulusan dari pelatihan ini dapat mengajar dan menjadi instruktur penerbang.

more info
Alfa Flying School
Halim Perdanakusuma Airport - Jakarta, Indonesia
Ph : (62-21) 8097241
Email : info@alfaflyingschool.com


DAFTAR SEKOLAH SMK PENERBANGAN di 8 Kota INDONESIA DAN PERGURUAN TINGGI DIRGANTARA

1. SMK Penerbangan Negeri, Jakarta
SMT Penerbangan/Foto: Angkasa/Sumardjo

Jl. Prof. Djoko Soetono, SH No. 1 Kebayoran Baru, Jakarta.
Jurusan :
  1. Motor dan Rangka Pesawat Terbang,
  2. Listrik dan Avionik.
2. SMK Penerbangan PGRI, Jakarta (sekolah siang)
Jl. Prof.Djoko Soetono, SH No. 1 Kebayoran Baru, Jakarta.
Jurusan :
  1. Motor dan Rangka Pesawat,
  2. Listrik dan Avionik.
3. SMK Penerbangan Gautama, Jakarta
Jl. Permata No.17 (belakang Gedung BKKBN),
Halim Perdanakusuma, Jakarta
Timur
Jurusan :
  1. Motor dan Rangka Pesawat Terbang,
  2. Listrik dan Avionik,
  3. Otomotif.
4. SMK Penerbangan Angkasa, Bogor
Jl. Raya Semplak, Lanud Atang Senjaya, Bogor. Telp: (0251) 503459.
Website :http//www.smkpenerbanganbogor.com
Jurusan :
  1. Motor dan Rangka Pesawat terbang,
  2. Listrik dan Avionik.
5. SMK Penerbangan Negeri, Bandung (SMK 12)
SMK/Foto: Angkasa/Sumardjo

Jl. Pajajaran No. 92, Bandung.
Jurusan :
  1. Manufaktur,
  2. Avionik.
6. SMK Penerbangan Angkasa, Malang
Jl. Rogonoto Timur, Singosari, Malang
Jalan menuju ke Lanud Abdulrachman Saleh, Malang
sekitar 1,5 km dari jalan
rayaSingosari, Malang
Jurusan :
  1. Motor dan Rangka Pesawat,
  2. Listrik dan Instrumen Pesawat Terbang.
7. SMK Penerbangan Angkasa, Magetan
Jl. Cenderawasih, Kompleks Lanud Iswahyudi, Kabupaten Magetan, Jatim.

Keterangan: Hubungi Lanud Telp. (0351) 869953/4 (Sentral)
Jurusan :
  1. Motor dan Rangka Pesawat,
  2. Avionik.
8. SMK Penerbangan, Yogyakarta.
Jl. Magelang-Jogyakarta, Jatimulyo, Jawa Tengah
Jurusan : Motor dan Rangka Pesawat.
9. SMK Penerbangan Dharma Wirawan Pepabri, Sidoardjo.
Jl. Kesatriaan 7, Surabaya 60242
Jurusan:
  1. Motor dan Rangka Pesawat Udara,
  2. Listrik dan Instrumen Pesawat Udara.
10. SMK Penerbangan Bina Dirgantara, Surakarta
- Jl. Marsekal Adisucipto KM 8, Cilomadu, Surakarta 57175 atau
- Jl. Kenanga 155 Badran, Surakarta 57142


PERGURUAN TINGGI KEDIRGANTARAAN

1. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia
(d/h PLP Curug)
STPI/Foto: Angkasa/Sumardjo

STPI Curug PO BOX 509, Tangerang 15001
Tlp. (021) 5982204 dan 5982205 Pesawat 519
Jurusan (DII/IV) :
  1. Teknik Pesawat Udara,
  2. Teknik Listrik Bandara,
  3. Teknik Navigasi Udara,
  4. Lalu Lintas Udara,
  5. Penerbang
2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
Jl. Ganesha 10 Bandung 40132
Jurusan:
  • Jurusan Teknik Penerbangan (S1).
  • Jurusan Astronomi (S1)
Persyaratan: lulus SPMB 3. Politeknik Negeri Bandung (Polban)
Program Studi: Aeronautika, Jurusan Teknik Mesin (DIII)
Jl. Gegerkalong Hilir Desa Ciwaruga, Bandung
Telp: (022) 2013789 (Sentral). Ext 267 (Aeronautika)
Pendaftaran: sudah dibuka


4. Universitas Suryadarma, Jakarta

Jl. Protokol Halim Perdanakusuma
Komplek Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta 13610
Telp. (021) 8013475, 8009246, 8009249 Fax. (021) 8009246
E-Mail: unsurya@cbn.net.id
Jurusan (S1/DIII) :
  1. Teknik Penerbangan,
  2. Teknik Elektro,
  3. Teknik Industri,
  4. Teknik Sipil,
  5. Arsitektur,
  6. Manajemen,
  7. Akuntansi,
  8. Hukum,
  9. Hubungan Internasional,
  10. Administrasi Niaga


UNIVERSITAS NURTANIO BANDUNG

JL. Pajajaran 219, Lanud Husein Sastranegara, Bandung
Telp. (022) 6034484, 6011076
Jurusan (S1/DIII) :
  1. Teknik Penerbangan,
  2. Teknik Elektro,
  3. Teknik Industri,
  4. Rangka Pesawat,
  5. Motor Pesawat,
  6. Avionika,
  7. Listrik Pesawat,
  8. Manajemen Perbekalan,
  9. Teknik Informatika,
  10. Teknik Komputer,
  11. Manajemen,
  12. Akuntansi,
  13. Administrasi Niaga
  14. Administrasi Niaga,
  15. Administrasi Logistik.





  16. SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPOTASI TRISAKTI (STMT)
Pendaftaran: sudah dibuka
Kampus "C" Trisakti
Jl. A. Yani (By Pass) Kav. 85, Rawasari, Jakarta Timur 13210.
Telp (021) 4890433 (hunting), Fax : (021) 4895933.
E-Mail: stmt@indosat.net.id
Jurusan (DIII/S1):
  1. Transportasi darat,
  2. Transportasi Laut,
  3. Transportasi Udara

  4. 7.)SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN AVIASI (STPA)
Ujian penerimaan gelombang I: 29 Juni 2003, gelombang II: 27Juli 2003
Jl. Gatot Subroto 72, Jakarta Selatan
(bekas gedung Mabesau, Pancoran)
Telp. (021) 7991923
Jurusan (DIII):
  1. Manajemen Transportasi Udara,
  2. Manajemen Bandar Udara
8. Lembaga Diklat Penerbangan Tutuko, Surakarta

Jl. Laksamana Muda Adisucipto No. 29 Manahan, Surakarta 571139
Tlp. (0271) 721848


9.Sekolah tinggi Teknologi Adi sucipto,yogyakarta

Jurusan (DII): Aircraft Maintenance and Engine

Komplek Lanud Adusucipto, Yogyakarta
Keterangan: Hubungi Lanud Adisucipto, Yogyakarta.
Telp: (0274) 564465/7 (sentral)


10. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, Yogyakarta

Jurusan: Aeronautika, Avionika, Logistik

11. Deraya Flying School
Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta 13610.
Telp. (021) 80899506
Pendidikan: Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), CPL
Multi Engine/Instrument Rating.
Keterangan: saat ini merupakan satu-satunya sekolah pilot di Indonesia
.
12. Diklat License A1 dan A4 Universitas Suryadarma

Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta
Telp : (021) 8093475 ext 16
Pendidikan memperoleh ijazah A1 (Fixedwing Airframe) dan A4 (Gas Turbin
Engine)
Pengajar: Departemen Perhubungan RI, Senior Engineer.
Lama pendidikan: 6 bulan (3 bulan pendidikan kelas, 3 bulan praktek)
Biaya: Rp 5,5 juta (Paket A1 dan A4)



SELAMAT MENCOBA

write by Ferdy Kurniawan 99

kabar gembira buat anda semua yang berminat sekolah pilot gratis Lion Air dan
Batavia Air membuka sekolah Penerbang/pilot gratis untuk informasi lebih lanjut anda dapat lihat di halaman lowongan kerja.... thanks


Untuk menambah pengetahuan anda di bidang ilmu pelajaranPenerbang/Pilot anda dapat click Bacaan di bawah ini

ILMU TERBANG CLICK DISINI


kapal
kapal
Latest page update: made by kapal , Mar 12 2011, 6:30 PM EST (about this update About This Update kapal Edited by kapal

11 words added
2 words deleted

view changes

- complete history)
Keyword tags: None
More Info: links to this page
Started By Thread Subject Replies Last Post
KaRikaa_BNZ pilot wanita 4 Oct 18 2013, 7:11 PM EDT by dywd
Thread started: Sep 20 2011, 12:41 PM EDT  Watch
bisa nggak wanita jadi pilot ?? bukan cuma pramugari doang :) soalnya aku pengen bgt nanti jadi pilot
8  out of 10 found this valuable. Do you?    
Keyword tags: None
Show Last Reply
11thoriq mau nanya 1 Nov 18 2012, 3:45 PM EST by ferdisainweb
Thread started: Jun 25 2011, 12:51 AM EDT  Watch
kalau gigi berlubang bisa gak jadi pilot?
kalau lulusan madrasah aliyah bisa gak jadi pilot?
berapa biaya untuk masuk sekolah pilot?
ada gak beasiswa untuk masuk sekolah pilot?
9  out of 11 found this valuable. Do you?    
Keyword tags: None
Show Last Reply
ViraCyankPattinson ikka chia 0 Aug 26 2012, 8:05 PM EDT by ViraCyankPattinson
Thread started: Aug 26 2012, 8:05 PM EDT  Watch
klau jadi pilot wanita minim tinggi badannya berapa?
Do you find this valuable?    
Keyword tags: None
Showing 3 of 26 threads for this page - view all